BENDUNGAN BINTANG BANO, POTENSI BARU HARAPAN MASYARAKAT SUMBAWA BARAT

Dipublikasikan 2020-12-16 08:48:00 - Oleh Admin DPMPTSP



project image

Tanggal 23 Maret 2020, Bendungan Bintang bano merupakan bendungan Terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Area genangan bendungan sekitar 227,52 Ha, sehingga memiliki daya tampung total mencapai 65,48 Juta M3 air. Pemanfaatan bendungan meliputi irigasi pertanian seluas 6.695 Ha. Air baku 555 liter/detik, dan pembangkit listrik sebesar 9 megawatt. Dapat juga berfungsi sebagai wisata alam air 

PELUANG INVESTASI

 Bendungan Bintang Bano merupakan infrastruktur irigasi multifungsi yang sedang dibangun dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2019. Bendungan ini direncanakan beroperasi pada tahun 2020 ini di bawah kewenangan pemerintah pusat (Kementerian PU-PR). Peluang investasi yang dapat dilakukan adalah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH), Pembangunan Proyek Air Bersih, Pembangunan Agribisnis Perikanan, Pembangunan Parawisata, Pembangunan Prasarana Olahraga air dan lain-lain.

Demikian hasil pertemuan dan kunjungan ke lapangan yang dilakukan sesuai perintah atasan, selanjutnya dimohon kepada ataasan untuk memberi arahan sekaligus melakukan kebijakan taktis guna mengatasi masalah tersebut diatas.

© 2020 Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sumbawa Barat. All rights reserved
Developed by SAHAJAH INNOVATION